Logo

RAPAT KOORDINASI RAPAT TAHUNAN RAKORTEK PERCEPATAN PELAKSANAAN PUG DI DAERAH TAHUN 2018

RAPAT KOORDINASI RAPAT TAHUNAN RAKORTEK PERCEOATAN PELAKSANAAN PUG DI DAERAH TAHUN 2018
RAPAT KOORDINASI RAPAT TAHUNAN RAKORTEK  PERCEPATAN PELAKSANAAN PUG DI DAERAH TAHUN 2018

LATAR BELAKANG

Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan nasional sebagaimana diatur dalam Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2000. Sampai dengan saat ini pelaksanaan PUG telahberusia± 17 tahun, namun demikian pencapaian pelaksanaan PUG belumlah optimal, masih banyak upaya-upaya yang diperlukan untuk mengakselerasi atau mengoptimalkan pencapaian pelaksanaan PUG baik di K/L maupun daerah. Pada rapat koordinasi teknis (Rakortek) PUG tahun 2017 telah diidentifikasi beberapa issue yang ditenggarai sebagai penyebab mengapa pencapaian pelaksanaan PUG belum optimal antara lain adalah: Pemahaman tentang kesetaraan gender disemua kalangan termasuk pengambil keputusan pada pemangku kepentingan terhadap PUG termasuk Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) masih rendah. Tim teknis dan perangkat daerah termasuk focal point gender belum optimal dalam mendukung pelaksanaan PPRG dan Ketersediaan data terpilah masih terbatas sehingga analisis gender masih belum dapat dilakukan dengan tajam.

Kemudian pada rakortek PUG tersebut merekomendasikan beberapa kegiatan strategis sebagai bentuk solusi penguatan kelembagaan dalam upaya mendorong percepatan pelaksanaan PUG di daerah, antara lain: 1). Mendorong komitmen daerah melalui penyusunan kebijakan daerah tentang pelaksanaan PUG termasuk mekanisme PPRG pembangunan daerah. 2). Meningkatkan kapasitas SDM unit PPPA dan OPD terkait lainnya di daerah, serta 3). Mendorong upaya penyediaan data terpilah gender untuk proses fasilitasi PUG.

Upaya lain ditingkat nasional yang saat ini dilakukan adalah penguatan driver PUG ditingkat pusat melalui upaya penguatan kembali peran dari masingmasing Kementerian/Lembaga driver yang diharapkan dapat mendongkrak percepatan pelaksanaan PUG di K/L maupun di daerah. Dalam rangka memastikan kegiatan-kegiatan strategis diatas berjalan dengan baik dan menggali dukungan/komitmen pelaksana PUG di daerah, sekaligus menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Nasional PPPA 2018 yaitu mempercepat penguatan kelembagaan PPPA di daerah maka dipandang perlu melaksanakan Rakortek PUG 2018.

TUJUAN DAN SASARAN KEGIATAN

  1. Tujuan Kegiatan Rakortek PUG ini adalah:
  2. Membangun sinergi penguatan kelembagaanPUG Pusat dan daerah dalam TA2018 dan rencana kegiatan 2019.
  3. Meningkatkan pemahaman tentang mekanisme pembinaan dan pengawasan
    penyelenggaraan pemerintah daerah.
  4. Sasaran Kegiatan
  5. Dinas PPPA Provinsi; dan
  6. Dinas PPPA Kabupaten/Kota.

HASIL YANG DIHARAPKAN

Tersediannya peta pelaksanaan PUG;

  1. Sinkronisasi pelaksanaan kegiatan penguatan kelembagaan PUG pusat dan
    daerah TA 2018 dan TA 2019;
  2. Adanya kesamaan pemahaman indikator pengukuran pelaksanaan PUG di
    daerah;
  3. Adanya kesamaan pemahaman terkait pembinaan dan pengawasan
    penyelenggaraan pemerintah daerah bidang PP dan PA.
Prev Pelatihan Web Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Baubau DP3A
Next LAUNCHING SEKOLAH PARADIGMA BAUBAU

Tinggalkan Komentar